Sarana Media Digital yang Digunakaan sebagai Wadah Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus

Nama : Elvina Febrianti Asterita

Kelas : S4A

NPM : 202146579010

Mata Kuliah : Kajian Seni Rupa dan Desain


Sarana Media Digital yang Digunakaan sebagai Wadah Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus

            Perkembangan Teknologi untuk era sekarang sangatlah pesat, terkusus pada teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan untuk pendidikan, Juga sangatlah ngetrend-ngetrendnya saat ini. Terkadang untuk peluang bersaingpun menjadi poit-poit terpenting untuk prusahaan terkhusus dalam bidang-bidang teknologi pendidikan. Contohnya start-up yang mengarah dalam hal tersebut. Akan tetapi banyaklah yang mengkaji tentang orang-orang yang umum atau hanya berpusat untuk orang-orang yang banyak populasinya di Indonesia dan jarang sekali yang menuju orang yang berkebutuhan khusus.

            Anak berkebutuhan Khusus seperti tuna rungu, tuna wicara, tuna netra, tuna grahita,tuna daksa, dan tuna laras memerlukan perhatian khusus dalam proses pembelajaran di sekolah. Khususnya bagi anak tuna rungu, Penelitian mengatakan bahwa kehilangan pendengaran, ketulian, susah mendengar dan gangguan pendengaran adalah berbagai istilah yang digunakan dalam komunitas tuna rungu sebagai kondisi ketidakmampuan untuk mendengar salah satu gangguan parsial atau total. Bukan hanya pembelajaran di SLB saja yang sangat berpengaruh untuk anak berkebutuhan khusus akan tetapi pendampingan orang tua juga sangatlah penting dan intinya media tersebut dapat sebagai prantara visual untuk pembelajaran yang dapat di bawa kemana-mana tanpa harus ke SLB. Karena keterbatasan fisik dan mental mempengaruhi proses belajar untuk anak.




            Terkhusus pada pendidikan agama ataupun pembelajaran tentang agama islam, simpelnya dasarnya atau bisa disebut dasar belajar Alqur.an yaitu huruf hijaiyah, karena merupakan awal dari dasar agama. Anak difabel tersebut sebenarnya mereka suka sekali dengan hal yang bersuara, menarik gambarnya dan dapat berinteraksi.

            Merupakan salah satu yang harus di telusuri lagi dan juga sangatlah menarik untuk di pelajari. Sebuah visual atau karya seni untuk sebuah media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus dengan berkolaborasi bersama orang-orang yang ahli dalam bidangnya agar dapat menjangkau semua pendidikan disemua populasi orang di indonesia baik dari fisik maupun mental.

            Dari pengalaman pembuatan aplikasi atau visual aplikasi media pembelajaran yang sangatlah memicu keingin tahuannya anak berkebutuhan khusus ini sangatlah membantu anak-anak berkebutuha khus tersebut belajar karena dapat di ulang-ulang dan jika tidak di mengerti dapat di fahami kembali. Isinya pun dengan mengimbangkan apa yang di butuhkan mereka untuk belajar sambil bermain contohnya game belajar huruf hijaiyah.

            Menurut saya di era perkembangan teknologi designer indonesia tidak hanya berfokus pada orang yang populasinya terbanyak diindonesia akan tetapi juga adanya peluan untuk orang berkebutuhan khusus untuk belajar dan juga memanfaatkan teknologi sebagai wadah untuk mencari pengetahuan.


Comments

Popular posts from this blog

LITERATUR JURNAL REVIEW

Penanda dan Petanda dalam Kajian yang Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Analisis Semiotika Pada Konten Youtube Aulion Dalam Membangun Personal Branding