Penanda dan Petanda dalam Kajian yang Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Nama: Elvina Febrianti Asterita
NPM: 202146579010

Kelas S4A DKV

Contoh kajian yang saya ambil adalah kajian semiotika dalam kehidupan sehari-hari, menurut saya ada beberapa:

1. Pertama cerita tentang peristiwa ketika saya mengacungkan jempol kepada teman yang sudah menjalani keberhasilannya. Dalam hal ini, tanda mengacu sebagai pujian dari saya dan ini diakui seperti itu baik oleh saya maupun teman saya yang berprestasi. Makna disampaikan dari saya kepada teman yang berprestasi maka komunikasi pun berlangsung sebagai ucapan apresiasi. 

2. Ketika Awan mendung di pagi hari saya melihat dalam hal ini, Penanda mengacu pada awan mendung berarti tanda hujan akan turun dan itu banyak dilihat semua orang. Petanda atau maknanya yang disampaikan bukan berarti itu akan hujan dan bisa juga bukan pertanda akan hujan dan bisa dihentikan oleh pawang atau teknologi.

3. Disini saya bercerita sedikit ketika saya kehausan ketika sehabis makan sesuatu makanan yang sangat pedas dan juga kalau saya tidak minum maka lambung saya akan terasa perih. Difenomena ini bisa kita lihat bahwa penandanya adalah kehausan karena kepedasan. Akan tetapi petandanya adanya gejala" perih dan juga gejala" fisik ketika mengalami kehausan.

Comments

Popular posts from this blog

LITERATUR JURNAL REVIEW

Analisis Semiotika Pada Konten Youtube Aulion Dalam Membangun Personal Branding